Materi BP Shalat (7)
Bab Ibadah Shalat
1. Keutamaan Sholat dan Waktunya
وَعَنْ اِبْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( أَفْضَلُ اَلْأَعْمَالِ
اَلصَّلَاةُ فِي أَوَّلِ وَقْتِهَا ) رَوَاهُ اَلتِّرْمِذِيُّ وَالْحَاكِمُ.
وَصَحَّحَاهُ. وَأَصْلُهُ فِي "اَلصَّحِيحَيْنِ
Dari Ibnu
Mas'ud Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
bersabda: "Perbuatan yang paling mulia ialah shalat pada awal
waktunya." Hadits riwayat dan shahih menurut Tirmidzi dan Hakim. Asalnya
Bukhari-Muslim
وَعَنْ أَبِي مَحْذُورَةَ رضي الله عنه
أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( أَوَّلُ اَلْوَقْتِ رِضْوَانُ
اَللَّهُ وَأَوْسَطُهُ رَحْمَةُ اَللَّهِ; وَآخِرُهُ عَفْوُ اَللَّهِ )
أَخْرَجَهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ بِسَنَدٍ ضَعِيفٍ جِدًّا
Dari Abu
Mahdzurah bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Permulaan
waktu adalah ridlo Allah pertengahannya adalah rahmat Allah dan akhir waktunya
ampunan Allah." Dikeluarkan oleh Daruquthni dengan sanad yang lemah.
عَنْ
عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ عَمْرِوٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; أَنَّ نَبِيَّ اَللَّهِ
صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( وَقْتُ اَلظُّهْرِ إِذَا زَالَتْ اَلشَّمْسُ
وَكَانَ ظِلُّ اَلرَّجُلِ كَطُولِهِ مَا لَمْ يَحْضُرْ اَلْعَصْرُ
وَوَقْتُ اَلْعَصْرِ مَا لَمْ تَصْفَرَّ اَلشَّمْسُ وَوَقْتُ صَلَاةِ
اَلْمَغْرِبِ مَا لَمْ يَغِبْ اَلشَّفَقُ وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلْعِشَاءِ
إِلَى نِصْفِ اَللَّيْلِ اَلْأَوْسَطِ وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلصُّبْحِ مِنْ
طُلُوعِ اَلْفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعْ اَلشَّمْسُ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
Dari
Abdullah Ibnu Amr Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi
wa Sallam bersabda: "Waktu Dhuhur ialah jika matahari telah condong (ke
barat) dan bayangan seseorang sama dengan tingginya selama waktu Ashar belum
tiba waktu Ashar masuk selama matahari belum menguning waktu shalat Maghrib
selama awan merah belum menghilang waktu shalat Isya hingga tengah malam dan
waktu shalat Shubuh semenjak terbitnya fajar hingga matahari belum
terbit." Riwayat Muslim.
عَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ عُمَرَ
-رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا-; أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ:
( صَلَاةُ اَلْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ اَلْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ
دَرَجَةً ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari
Abdullah Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi
wa Sallam bersabda: "Sholat berjama'ah itu lebih utama dua puluh tujuh
derajat daripada sholat sendirian." Muttafaq Alaihi
2. Sholat Jama’
dan Qashar
وَعَنْ أَنَسٍ: ( كَانَ رَسُولُ
اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا اِرْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ تَزِيغَ اَلشَّمْسُ
أَخَّرَ اَلظُّهْرَ إِلَى وَقْتِ اَلْعَصْرِ, ثُمَّ نَزَلَ فَجَمَعَ
بَيْنَهُمَا, فَإِنْ زَاغَتْ اَلشَّمْسُ قَبْلَ أَنْ يَرْتَحِلَ صَلَّى
اَلظُّهْرَ, ثُمَّ رَكِبَ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ. وَفِي رِوَايَةِ اَلْحَاكِمِ
فِي "اَلْأَرْبَعِينَ" بِإِسْنَادِ اَلصَّحِيحِ: ( صَلَّى اَلظُّهْرَ
وَالْعَصْرَ, ثُمَّ رَكِبَ ) وَلِأَبِي نُعَيْمٍ فِي "مُسْتَخْرَجِ
مُسْلِمٍ": ( كَانَ إِذَا كَانَ فِي سَفَرٍ, فَزَالَتْ اَلشَّمْسُ صَلَّى
اَلظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا, ثُمَّ اِرْتَحَلَ )
Anas
Radliyallaahu 'anhu berkata: Biasanya Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam bila berangkat dalam bepergian sebelum matahari tergelincir, beliau
mengakhirkan sholat Dhuhur hingga waktu Ashar. Kemudian beliau turun dan
menjamak kedua sholat itu. Bila matahari telah tergelincir sebelum beliau
pergi, beliau sholat Dhuhur dahulu kemudian naik kendaraan. Muttafaq Alaihi.
Dalam suatu hadits riwayat Hakim dalam kitab al-Arba'in dengan sanad shahih:
Beliau sholat Dhuhur dan Ashar kemudian naik kendaraan. Dalam riwayat Abu
Nu'aim dalam kitab Mustakhroj Muslim: Bila beliau dalam perjalanan dan
matahari telah tergelincir, beliau sholat Dhuhur dan Ashar dengan jamak,
kemudian berangkat.
وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ
عَنْهَا; ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَقْصُرُ فِي اَلسَّفَرِ
وَيُتِمُّ, وَيَصُومُ وَيُفْطِرُ ) رَوَاهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ,
وَرُوَاتُهُ ثِقَاتٌ. إِلَّا أَنَّهُ مَعْلُول ٌوَالْمَحْفُوظُ عَنْ عَائِشَةَ
مِنْ فِعْلِهَا, وَقَالَتْ: ( إِنَّهُ لَا يَشُقُّ عَلَيَّ ) أَخْرَجَهُ
اَلْبَيْهَقِيّ ُ
Dari
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
adakalanya mengqashar sholat dalam perjalanan dan adakalanya tidak,
kadangkala puasa dan kadangkala tidak. Riwayat Daruquthni. Para perawinya
dapat dipercaya, hanya saja hadits ini ma'lul. Adapun yang mahfudh dari
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu adalah dari perbuatannya, dan dia berkata:
Sesungguhnya hal itu tidak berat bagiku. Dikeluarkan oleh Baihaqy
3. Qiyamullail
وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله
عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( أَفْضَلُ اَلصَّلَاةِ
بَعْدَ اَلْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اَللَّيْلِ ) أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ
Dari Abu
Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
bersabda: "Sholat yang paling utama setelah sholat fadlu ialah sholat
malam." Dikeluarkan oleh Muslim
وَعَنْهَا قَالَتْ: ( كَانَ رَسُولُ
اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُصَلِّي مِنْ اَللَّيْلِ ثَلَاثَ عَشْرَةَ
رَكْعَةً, يُوتِرُ مِنْ ذَلِكَ بِخَمْسٍ, لَا يَجْلِسُ فِي شَيْءٍ إِلَّا فِي
آخِرِهَا)
'Aisyah
Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam sholat
malam tiga belas rakaat, lima rakaat di antaranya sholat witir, beliau tidak
pernah duduk kecuali pada rakaat terakhir
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar